Ruang lingkup humas



1.Pengertian humas 

      Humas,yaitu praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. pengertian lain dari humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang baik (good will) sehingga bisa memper dalam tingkat kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasI.                                              Berikut beberapa pengertian humas menurut para ahli dan lembaga humas dunia.

a. Menurut The Public Relations Society Of America                                                                                        Humas merupakan usaha yang dilakukan oleh organisasi untuk dapat mendapatkan kerja sama dengan sekelompok orang,

b. Menurut International   public relation association (IPRA) humas adalah sebuah fungsi manajemen yang terancam dan berkelanjutan organisasi induk dan lembaga swasta public yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian.

2. Perkembangan humas di Indonesia.                 Sejarah perkembangan humas di Indonesia secara konsepsional terjadi pada tahun 1950an.                                                         Rosyadi Ruslan,S.H.M.N. membagi perkembangan humas di Indonesia dalam 4 periode sebagai berikut.                                      A. Periode 1 (Tahun 1962).                                  B. Periode 2 (Tahun 1962-1921)                          C. Periode 3 (Tahun 1972-1993).                        D. Periode 4 (Tahun 1995-Sekarang)

3. Latar belakang konsep humas.                         ada 2 konsep yang menjadi latar belakang berkembangnya public relation yakni dalam tinjauan bisnis suatu perusahaan yang meliputi:                                                                  a. Konsep tradisional dari suatu bisnis mempunyai karakteristik tertutup,terbatas dan bersifat eksternal.                                         b. Konsep modern dari suatu bisnis,mempunyai karakteristik terbuka,tersebar luas dan bersifat internal/eksternal.                                                 Adapun beberapa konsep humas,sebagai berikut. 

a.Konsep tradisional tertutup                        b.Konsep tradisional terbatas.                        C.Konsep tradisional eksternal                          d. Konsep tradisional terbuka.                            e. Konsep tradisional tersebar luas.                  f. Konsep tradisional internal dan eksternal 

4.Tujuan humas

Menurut GRISWORD tujuan public relation adalah untuk meningkatkan semangat kerja karyawan yang menekankan pada internal public.

Dengan demikian,rumusan yang paling tepat mengenai humas sebagai berikut.

a. Meningkatkan dukungan, bantuan, dan partisipasi dari publik dalam bentuk sarana, prasarana, tenaga, dan dana untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi.

b. Meningkatkan rasa tanggung jawab dari masyarakat dan keberlangsungan program organisasi secara efektif dan efisien.

C. Melibatkan publik dalam penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi oleh organisasi.

d. Membuat dan mengembangkan penciptaan yang baik untuk organisasi dan juga kepada para pemimpin/stakeholder dengan sasaran terjalinnya hubungan yang baik antara publik internal dengan pulbik eksternal.

e. Memperluas jangkauan pelanggan yang terhubung untuk berpartisipasi dalam 

upaya peningkatan mutu organisasi.


5. Tugas dan kegiatan humas 

a. Menciptakan kesan/image

b. Pengetahuan pengertian

C. Menciptakan ketertarikan (interest)

d. Penerimaan

e. Simpati

Kegiatan humas

a. Customers relations

b. Employee relations

C. Community relations

d. Goverment relations

e. Media relations


6. Fungsi humas

a. Fungsi utama humas

1) menimbulkan dan mengembangkan hubungan baik antara lembaga/organisasi dengan pulbiknya, baik publik intern maupun ekstern dalam rangka menanamkan pengertian.

2) menilai dan menemukan pendapat umum yang berkaitan dengan organisasinya.

3) Memberi saran kepada pemimpin tentang cara cara mengendalikan pendapat umum sebagaimana mestinya.

4) Menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam rangka menciptakan iklim pendapat publik yang menguntungkan organisasi/lembaga.

5) Menggunakan komunikasi untuk memengaruhi pendapat umum.

b. Fungsi humas menurut Edward L.Bernays

1) Memberikan penerangan pada publik.

2) Melakukan persuasi pada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik.

3) Upaya menyatukan sikap dan perilaku lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan

C. Fungsi humas menurut Djanalis Djanaid

Dalam buku publik relations: Teori dan praktik yang di tulis oleh Djanalis Djanaid (1993) disebut dua fungsi PR.

1) Fungsi konstruksi

 Fungsi ini mendorong humas membuat aktivitas atupun kegiatan-kegiatan yang terencana,berkesinambungan yang cenderung bersifat proaktif.

 2) Fungsi koreatif 

 Artinya, apabila di sebuah organisasi/lembaga terjadi masalah-masalah (krisis) dengan publik,maka humas harus berperan dalam mengatasi terselesaikannya masalah tersebut.

 d. Fungsi humas menurut IPRA

Humas atau hubungan masyarakat dalam organisasi memegang peranan penting. Begitu banyak peran atau fungsi humas dalam organisasi sehingga di perlukan orang orang yng berkoponten untuk menjalankan fungsi humas ini.


7. Peran humas 

Peranan humas tentu sangat kruasi bagi sebuah organisasi. Humas menciptakan citra baik organisasi, mengomunasika segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada public klien ,maupun investor

8.macam macam humas public relations memiliki tujuan menciptakan, memepertahan kan memperluas dan juga melindungi citra perusahaan. Selian itu humas juga berperan dalam menampilkan citra citra maupun dalam proses pencapaian tujuan dari organisasi atau perusahaan yng bersangkutan . Adapun macam macam , sebagai berikut.

a. Humas pemerintah adalah humas yng di bentuk dengan tujuan untuk membulikasikan atau memepromosikan kebijakan kebijakan pemerintah.

b. Humas industri dan bisnis 

Humas industri dan bisnis adalah humas yng di bentuk dalam kegiatan industri dan bisnis yng segalanya besar dengan tujuan untuk menjaring masyarakat dalam hal target marketing maupun pengaruh kebijakan perusahaan.


9.aspek aspek humas 


Public relations sebagai alat menejemen modern maka secara struktural merupakan bagian integral dari suatu kelembagaan atau organisasi, artinya public relations bukanlah merupakan fungsi yng Ter pisah dari fungsi kelembagaan atau organisasi tersebut.

 



Komentar